Sabtu, 06 November 2010

Analisis Kinerja Sistem pada ATM

Analisis Kinerja Sistem Pada ATM

“ ATM Bank Mandiri dan Bank BNI”

Ø ATM Bank Mandiri

ATM Mandiri

Dengan Kartu ATM Mandiri dan Kartu Debit Mandiri Anda memegang kunci utama mengakses rekening Tabungan/Debit Mandiri atau Giro Mandiri Anda setiap saat diperlukan. Anda dapat melakukan berbagai transaksi perbankan penarikan tunai, informasi saldo dan transaksi lainnya.

Kebebasan

Anda dapat leluasa melakukan transaksi penarikan tunai, transfer antar rekening dan transaksi lain tanpa dibatasi oleh waktu dan hari (24 jam dalam sehari, 365 hari dalam satu tahun)

Layanan

Selain melakukan transaksi penarikan tunai dan informasi saldo, Anda juga dapat melakukan transaksi :

  • Transfer antar rekening
  • Pembayaran Kartu Kredit Visa Mandiri
  • Ubah PIN
  • Pembayaran : Telepon, Telepon Cellular

Gunakan ATM Mandiri yang tersebar di lebih dari 2000 lokasi ATM Mandiri 2.811 ATM

Fitur lengkap

Transfer Dana

  • Transfer antar Rekening Mandiri
  • Transfer antar Bank Domestik
    • Dengan cara Sistim Kliring Nasional (SKN)
    • Dengan cara Real Time Gross Settlement (RTGS)
  • Daftar Transfer Terjadwal

Pembayaran

  • Telkom & Telepon CDMA
  • Telepon GSM
  • Internet
  • Kabel TV
  • Kartu Kredit
  • Listrik
  • PBB
  • Angsuran
  • PAM
  • Angsuran
  • Asuransi
  • Pendidikan
  • Kereta Api
  • Airlines
  • Autodebit
  • Lain-lain

Pembelian

  • Pulsa Telepon CDMA
  • Pulsa Telepon GSM

Penempatan Deposito Berjangka

Penempatan Mandiri Tabungan Rencana

Informasi Rekening & Kartu Kredit

  • Rek. Tabungan & GIRO
    • Posisi Saldo
    • Histori Transaksi
    • Daftar Rekening
  • Rek. Deposito
  • Rek. Pinjaman
  • Informasi Kartu Kredit Mandiri

Fasilitas Layanan

  • Status Cek
  • Layanan Notifikasi SMS
  • Informasi Suku Bunga
  • Informasi Kurs

Informasi Aktivitas Internet Banking

Fungsi Administrasi (e.g. rubah alamat e-mail, ganti password, Authorized Payment)

Personalisasi (e.g. transaksi favorit, bahasa)

Ø ATM Bank BNI

BNI Automated Teller Machine (ATM)


Layanan perbankan yang dilakukan melalui mesin ATM (Automatic Teller Machine) yang dapat melayani selama 24 jam, guna melakukan transaksi perbankan meliputi penarikan tunai, inquiry saldo rekening tabungan, setoran tunai (melalui mesin CDM) dan melakukan berbagai jenis pembelian dan pembayaran tagihan tanpa harus datang langsung ke Kantor Cabang BNI dan tanpa terikat waktu.

Jenis Mesin BNI ATM

  1. ATM Mesin ATM yang dapat melakukan transaksi pengambilan tunai dan transaksi lain seperti inquiry saldo rekening, transfer, ganti PIN, pembelian dan pembayaran tagihan. Saat ini telah tersedia dan tersebar di seluruh Indonesia untuk melayani nasabah BNI. BNI ATM juga dapat melayani nasabah non BNI namun hanya dapat melakukan transaksi penarikan tunai dan inquiry saldo.
  2. ATM Non Tunai Mesin ATM yang hanya dapat melakukan transaksi seluruh transaksi non tunai seperti inquiry saldo rekening, transfer, ganti PIN, pembelian dan pembayaran tagihan dan tidak dapat melakukan transaksi pengambilan tunai. Saat ini tersedia di beberapa Kantor Cabang di Jakarta untuk melayani nasabah BNI, untuk non nasabah ATM Non Tunai hanya dapat melayani transaksi Inquiry Saldo. Secara fisik bentuk ATM Non Tunai berbeda dengan ATM biasa, karena ATM Non Tunai tidak memiliki ’body’ mesin seperti mesin ATM pada umumnya dan hanya berupa layar monitor dan papan ketik (keyboard) pada bagian depan layar.
  3. ATM Setoran Tunai (CDM – Cash Deposit Machine) Mesin ATM yang dapat menerima setoran tunai dan inquiry saldo rekening. ATM Setoran Tunai tidak dapat melakukan transaksi pengambilan tunai, transfer, ganti PIN, pembelian dan pembayaran tagihan. Saat ini tersedia di beberapa Kantor Cabang di Jakarta untuk melayani nasabah BNI. Secara fisik bentuk ATM Setoran Tunai hampir sama dengan ATM biasa, namun pada sisi depan terdapat lubang / laci yang digunakan untuk meletakkan uang yang akan disetor. Untuk melakukan setoran tunai, nasabah harus menggunakan kartu BNI Card dan nomor PIN yang sama dengan yang digunakan pada mesin ATM biasa. Tidak memerlukan aktifasi atau membuat nomor PIN baru untuk transaksi ini. Saldo rekening akan ter-update secara real time.
  4. Drive Thru Mesin ATM yang dapat melakukan seluruh transaksi seperti halnya ATM biasa meliputi penarikan tunai, inquiry saldo, transfer, ganti PIN, pembelian dan pembayaran tagihan. ATM Drive Thru memiliki keunikkan dalam lokasi dan bentuk karena didesain khusus untuk dapat melayani nasabah tanpa harus turun dari mobil. Saat ini tersedia di beberapa lokasi di Jakarta untuk melayani nasabah BNI. Untuk nasabah non BNI dapat dilayani hanya untuk transaksi penarikan tunai dan inquiry saldo.

Pengguna BNI ATM

  • Seluruh nasabah BNI yang memiliki kartu BNI Card dan non nasabah BNI yang memiliki Kartu ATM / Kartu Debit / Kartu Kredit dengan jaringan Visa, Visa Electron, Plus, MasterCard, Maestro, Cirrus, Link dan ATM Bersama.

Manfaat

  • Dapat menarik uang tunai dalam 24 jam. Nasabah tidak lagi tergantung jam pelayanan bank atau hari libur untuk mengambil uang tunai.
  • Dapat digunakan sebagai kartu debit (Maestro).
  • Bebas dari antrian yang panjang.
  • Menghemat waktu, karena tidak lagi mengikuti prosedur administrasi.
  • Selain menarik uang tunai juga dapat melihat saldo dan melakukan pemindahbukuan.
  • Lebih gampang dicapai karena ATM BNI tersedia di berbagai lokasi strategis.
  • Informasi Saldo
  • Pembelian Voucher Isi Ulang
  • Pemindahbukuan
  • Pembayaran Kartu Kredit
  • Pembayaran Telpon (Telkom dan Telpon Seluler)
  • Pembayaran PAM
  • Pembelian Tiket Pesawat

Cara mendapatkan Kartu ATM :

  • Membuka Rekening Taplus
  • Membuka Rekening Giro

Maksimal Penarikan melalui ATM :

  • Taplus : Rp. 5 juta per hari
  • Taplus Utama : Rp. 10 Juta per hari

Limit per transaksi :

  • Nominal limit per transaksi di ATM Rp. 10 Juta per transaksi


Analisis Sistem ATM Bank BNI dan Bank Mandiri


1. Tampilan Interface

a. ATM Bank BNI

- Form tampilan yang ada pada ATM BNI cukup user friendly sehingga user tidak bingung dalam melakukan transaksi.
- Pada tampilan utama ATM Mesin ATM terdapat menu :

a. Pengambilan Tunai

b. Inquiry saldo rekening

c. Transfer

d. Registrasi e-channel

e. Ganti pin

f. Pembelian dan pembayaran tagihan

b. ATM Bank Mandiri

- Form tampilan yang ada pada ATM BNI cukup user friendly sehingga user tidak bingung dalam melakukan transaksi.
- Pada tampilan utama ATM Mesin ATM terdapat menu :

  1. Penarikan Tunai
  2. Informasi Saldo
  3. Transfer
  4. Pembayaran kartu Kredit Visa Mandiri
  5. Ubah Pin
  6. Pembayaran : Telpon, Telpon cellular

2. Security / Keamanan Sistem

a. ATM Bank BNI

- Pada ATM ini setelah user menginput password kemudian login maka sistem akan memberikan pesan password yang diinput BENAR atau TIDAK untuk memastikan.
- Pemblokiran kartu ATM dapat terjadi apabila user salah melakukan password sebanyak 3 kali.
- Setelah user melakukan transaksi sistem akan memberikan pesan pilihan apakah user ingin mencetak struk hasil transaksi atau tidak sebagai bukti transaksi.
- User dapat melakukan pergantian PIN melalui ATM dalam layanan ATM nya tanpa harus ke Bank.
- Password yang dipakai sesuai ketentuan sebanyak 4 digit.

b. ATM Bank Mandiri

- Sedangkan pada ATM Mandiri ketika user menginput password maka langsung dapat melakukan transaksi.
- Pemblokiran kartu ATM dapat terjadi apabila user salah melakukan password sebanyak 3 kali.
- Tidak ada pesan pilihan setelah user melakukan transaksi karena struk akan tercetak secara otomatis
- Terdapat fasilitas penggantian no PIN pada ATM.
- Password yang dipakai sesuai ketentuan sebanyak 4 digit.



3. Transaksi

a. ATM Bank BNI
- Ketika melakukan transaksi loading tidak lambat sehingga tidak memakan waktu
- Dalam penarikan tunai terdapat rekening giro, rekening tabungan, kartu kredit.
- Pada penarikan langsung jumlah uang dapat dipilih adalah sebanyak :
• Rp. 300.000; 00
• Rp. 500.000; 00
• Rp. 1.000.000; 00
• Rp. 1.200.000; 00
- Maksimal dalam sekali penarikan sebesar Rp. 1.200.000; 00

-Nominal limit per transaksi di ATM Rp. 10 Juta per transaksi

-Transfer antar rekening di ATM BNI max. Rp. 100 juta


b. ATM Bank Mandiri
- Ketika melakukan transaksi loading lebih cepat dibandingkan dengan ATM BNI sehingga tidak memakan waktu. Karena tidak terdapat pesan pilihan dan user dapat langsung melakukan transaksins
- Dalam transaksi penarikan sistem langsung ke penarikan rekening tabungan
- Pada penarikan langsung jumlah uang dapat dipilih adalah sebanyak :
• Rp. 100.000; 00
• Rp. 300.000; 00
• Rp. 500.000; 00
• Rp. 1.000.000; 00
- Maksimal dalam sekali penarikan sebesar Rp. 1.000.000; 00

-Nominal limit per transaksi di ATM Rp. 10 Juta per transaksi

-Transfer antar rekening di ATM Mandiri max. Rp. 50 juta

Kesimpulan :

Dari analisis dan pengamatan kami tentang system kerja atm pada bank mandiri dan Bni maka kami dapat menyimpulkan bahwa kedua atm pada bank tersebut sama-sama memiliki fitur atau layanan yang baik untuk para nasabah, baik itu dari segi interface maupun system keamanan yang di gunakan. Kedua atm tersebut terdapat menu sekali penarikan. Gunakan Menu Penarikan cepat (dengan memilih nominal yang diinginkan), karena bila menggunakan menu penarikan cepat, kartu akan keluar dari mesin setiap selesai satu kali penarikan. Selain itu pada menu Penarikan Jumlah Lain, jumlah yang akan ditarik bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Tetapi ada perbedaan yang terdapat pada system kerja atm pada kedua bank tersebut dari segi tampilan interface, jumlah nominal dalam sekali penarikan, dan jumlah nominal transfer antar rekening.

0 komentar:

Posting Komentar

bagus sekali

Pages

Recent Comments

Introduction

Recent Posts